Aturan
penulisan VLOOKUP mungkin bisa
dibilang agak rumit bagi yang baru saja mempelajari penggunaan formula pada
Excel. Namun jika sudah terbiasa, aturan ini sebetulnya bisa dibilang
sederhana, yaitu:
=VLOOKUP(nilai_kunci;range_tabel_referensi;no_index_kolom;tipe_data)
Penjelasan
aturan penulisan tersebut sebagai berikut:
- nilai_kunci: Adalah nilai yang dijadikan acuan untuk membaca tabel referensi. Nilai ini harus ada baik pada tabel yang akan diisi maupun pada tabel referensi.
- range_tabel_referensi: Adalah range dari tabel yang berisikan data referensi untuk mengisi hasil yang diharapkan. Pastikan bahwa range yang Anda pilih tidak menyertakan judul kolomnya.
- no_index-kolom: Adalah nomor urut data dalam tabel referensi yang akan dituliskan hasilnya. Dimulai dari kolom paling kiri pada tabel referensi tersebut dengan nomor index 1, dan seterusnya.
- tipe_data: Ada 2 jenis tipe data yaitu TRUE dan FALSE. Nilai TRUE Anda gunakan jika nilai datanya tidak pastiatau berada pada range tertentu dan nilai FALSE Anda gunakan jika nilai data berharga pasti.
Agar lebih
jelas bagaimana cara menggunakan fungsi VLOOKUP
ini, perhatikan contoh berikut ini.
Pada contoh
tersebut terdapat 2 buah tabel. Data pada tabel Laporan
Penjualan jelas akan selalu bertambah tiap harinya. Setiap kali ada
pembeli maka Anda tinggal mengisikan data tanggal, nama pembeli serta kode
voucher-nya. Sementara data Voucher serta Harga akan terisi
secara otomatis tiap kali Anda mengisikan data pada kolom Kode. Pengisian
data secara otomatis ini bisa dicapai dengan melihat tabel referensi yaitu
tabel Stok Gudang dan tentunya dengan menggunakan formula VLOOKUP.
Langkah
pertama akan diisi dahulu data pada tabel Voucher yaitu data pada
sel E12. Untuk mempermudah pembahasan, aturan penulisan VLOOKUP kembali
dituliskan sebagai berikut:
E12=VLOOKUP(nilai_kunci;range_tabel_referensi;no_index_kolom;tipe_data)
Dengan
demikian formulanya menjadi:
E12=VLOOKUP(D12;range_tabel_referensi;no_index_kolom;tipe_data)
Dengan
demikian formulanya menjadi:
E12=VLOOKUP(D12;B4:D7;no_index_kolom;tipe_data)
No_index_kolom Anda
tentukan dengan melihat didalam range_tabel_referensi. Dalam hal ini Anda
akan mengisi data pada kolom Voucher maka Anda lihat data untuk
Voucher tersebut didalam range_tabel_referensi berada pada kolom keberapa?
E12=VLOOKUP(D12;B4:D7;2;tipe_data)
Yang
terakhir adalah tipe_data. Disini yang akan digunakan adalah FALSE.
Penjelasannya adalah karena data tersebut bersifat pasti, misalnya kode S sudah
pasti untuk Simpati, kode E sudah pasti untuk Esia, dan demikian seterusnya.
Dengan demikian formula lengkap untuk mengisi data pada kolom Voucher tersebut
adalah:
Untuk
mengisi data pada sel selanjutnya yaitu
sel E13 dan E14 seperti biasanya Anda dapat menggunakan Auto Fill. Namun perhatikan bahwa tabel
referensi yang menjadi acuan memiliki range alamat sel yang statis alias tetap.
Oleh karenanya, sebelum Anda menjalankan proses Auto Fill maka Anda harus
mengunci terlebih dahulu range tabel referensi tersebut agar menjadi sel yang absolut. Hingga formulanya akan
menjadi:
Dan proses Auto Fill kini dapat dijalankan untuk mengisi data pada sel-sel berikutnya.
Berikutnya,
bagaimana mengisi data pada kolom Harga yaitu
sel F12 hingga F14? Formula yang digunakan tentunya tetap sama
hanya saja no_index_kolom yang berbeda yaitu 3 karena data
yang akan diisikan diambil dari kolom ke-3 pada tabel referensi.
Dan berikut
ini formula yang digunakan setelah menggunakan sel absolut untuk range tabel
referensinya.
Anda harus
mengisikan formula VLOOKUP pada kolom Nilai dalam
tabel Daftar Nilai Siswa, yaitu sel E13 hingga selE15. Nilai
yang akan diisikan tersebut mengacu pada range tertentu dalam tabel referensi,
yaitu:
- Nilai E: Score 0 s/d 39
- Nilai D: Score 40 s/d 59
- Nilai C: Score 60 s/d 79
- Nilai B: Score 80 s/d 89
- Nilai A: Score 90 s/d 59
Kondisi ini
jelas menggambarkan sebuah data yang tidak pasti oleh karenanya tipe data yang
digunakan adalah TRUE. Dan formula akhir yang digunakan adalah sebagai
berikut.
=VLOOKUP(D13;$B$4:$C$8;2;TRUE)Yang harus Anda perhatikan untuk tipe data TRUE ini adalah urutan data pada tabel referensi harus menaik atau tersusun dari data terkecil hingga data terbesar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar