FUNGSI LOGIKA IF MS.EXCEL

Fungsi logika IF pada microsoft excel berguna untuk menentukan nilai suatu pernyataan atau untuk mendapatkan beberapa kemungkinan dengan mengacu pada kondisi objek. Fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah pada cell yang dipilih pada worksheet ms.excel.
Untuk itu anda coba ketikan lembar kerja sederhana seperti pada gambar 1 di bawah ini.

Arahkan pointer cell ke F2, kemudian ketik rumus sbb :

=IF(E2>7,"A",IF(E2>6,"B",IF(E2>5.5,"C","D"))) kemudian tekan ENTER nampak sekarang di layar anda adalah nilai C pada mahasiswa Rudi, setelah itu copykan rumus ini ke cell-cell yang ada di bawahnya. Dan hasil tahap pertama akan seperti pada gambar 2 di bawah ini.

Hasil mencari nilai katagori sudah selesai

Nah sekarang anda tinggal mencari nilai untuk keterangannya. Pindahkan cell pointer ke G2 kemudian ketik rumus sbb : =IF(OR(F2="A",F2="B",F2="C"),"LULUS","ULANG") tekan ENTER. Maka terlihat kata "LULUS" pada cell G2. Kemudian copykan rumus tersebut ke cell-cell yang ada di bawahnya. Maka hasilnya sudah dapat dilihat seperti gambar 3 di bawah ini.

Hasil yang di capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar