Fungsi logika IF pada microsoft
excel berguna untuk menentukan nilai suatu pernyataan atau untuk mendapatkan
beberapa kemungkinan dengan mengacu pada kondisi objek. Fungsi IF akan
memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah pada cell yang dipilih
pada worksheet ms.excel.
Untuk itu anda coba ketikan lembar kerja sederhana
seperti pada gambar 1 di bawah ini.
Arahkan pointer cell ke F2, kemudian ketik rumus sbb :
=IF(E2>7,"A",IF(E2>6,"B",IF(E2>5.5,"C","D"))) kemudian tekan ENTER nampak sekarang di layar anda adalah nilai C pada mahasiswa Rudi, setelah itu copykan rumus ini ke cell-cell yang ada di bawahnya. Dan hasil tahap pertama akan seperti pada gambar 2 di bawah ini.
=IF(E2>7,"A",IF(E2>6,"B",IF(E2>5.5,"C","D"))) kemudian tekan ENTER nampak sekarang di layar anda adalah nilai C pada mahasiswa Rudi, setelah itu copykan rumus ini ke cell-cell yang ada di bawahnya. Dan hasil tahap pertama akan seperti pada gambar 2 di bawah ini.
Hasil mencari nilai katagori
sudah selesai
Nah sekarang anda tinggal
mencari nilai untuk keterangannya. Pindahkan cell pointer ke G2 kemudian ketik
rumus sbb :
=IF(OR(F2="A",F2="B",F2="C"),"LULUS","ULANG")
tekan ENTER. Maka terlihat kata "LULUS" pada cell G2. Kemudian
copykan rumus tersebut ke cell-cell yang ada di bawahnya. Maka hasilnya sudah
dapat dilihat seperti gambar 3 di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar