Microsoft
Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis
meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih
kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana
kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga
barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan
Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh
permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan
menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi
matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan
yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh
Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan
windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program,
kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
3. Muncul Gambar 1.1
1.2
Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data
pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus
mengetahui elemen-elemen yang ada
di Microsoft Exel
1) Judul
Judul menampilkan judul program
dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang
aktif.
2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk
pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru,
membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan
Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya
menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan
mengefisienkan pengoperasian program.
5)
Help
Bila kita
ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut.
Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang
dimaksud.
6) Lembar
Kerja (Workbook)
Baris ini
berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan
tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor
Baris
9) Nomor
Kolom
10) Nama
Range
11)
Fungsi
12)
Penggulung vertical dan horisontal
Rekomendasi Artikel Terkait --> MENGENAL DASAR-DASAR MICROSOFT EXCEL
BalasHapus